Friday, September 18, 2009

BEING a COLLEGIAN

As you all know, i'm a collegian now (yessss i've mentioned it zillion times, oh i still can't believe it!). Dan kebudayaan yang gua dapet yah sangat beda banget yah sama jaman-jaman sekolah-an dulu. Nih gua uraikan beberapa aspek-aspek kebudayaan dunia universitas yang gua rasakan.

THE LESSONS
Tentunya yah beda banget ya sama jaman SMA. Kalo dulu pelajaran kita sudah dijadwalkan sedemikian rupa dan dibagi secara proporsional, sekarang di kuliahan kita harus memilih mata kuliah yang mau kita pelajari (walaupun semester 1 masih dipaketin). Terus ya tentu aja di kuliahan kita mempelajari bidang yang sudah terpusat (kayak misalnya gue, akuntansi). Oh iya satu hal, tentu saja di dunia perkuliahan berlaku moving class, which is setiap mata kuliah pasti kelasnya berbeda-beda, dan kadang murid-muridnya juga nyampur. Pokoknya you can't stick to one thing deh di dunia perkuliahan ini. Solidarity is so hard to find :(

THE PEOPLE
Mahasiswa nya yah beragam lah ya, mau yang dari jakarta kota, sampe dari papua barat juga ada. Kayak misalnya gue nih ya di D3, mahasiswanya pokoknya ada dari berbagai macam SARA deh. Sungguh sebuah dunia baru ya buat gue yang dulunya dari Sekolah Kristen yang mostly hanya berkutat di sebuah lingkungan Kristen. Sekarang gua memasuki lingkungan Negeri yang tentu saja orang-orang nya dari berbagai macam agama, which is okay with me, supaya pergaulan gue gak mentok sama yang itu-itu aja, ya toh? Oh iya, untuk gue sendiri, entah kenapa ya dalam pergaulan, gue lebih banyak bergaul sama anak-anak S1 nya, daripada anak D3 nya. Mungkin itu disebabkan karena temen-temen gue mostly ada disitu. Yah di D3 sih lumayanlah banyak juga yang gua kenal. Tapi yah entah kenapa ujung-ujungnya mainnya sama anak S1 juga. Mungkin ini sebuah pelampiasan karena gak bisa jadi anak S1 kali ya? hahaha. I'll try SIMAK 2010 next year kok untuk mengejar S1 nya.

THE LECTURER
Gak usah diragukan, dosen-dosen UI ya pasti oke punya semua lahya (tidak ada maksud loh). Tapi ya memang, mostly dosen-dosen di UI itu minimal S2, terus pasti orang-orang yang sukses semua deh (tidak ada maksud lagi loh). Contohnya liat ajatuh, Sri Mulyani si menteri keuangan, si Miranda Goeltom si deputi gubernur BI, dan si ini si itu lainnya yang megang jabatan tinggi di pemerintahan. Even calon wapres kita Boediono baru aja ngasih kuliah umum kemaren waktu itu. Kalo soal pengajar, dijamin dosen-dosen UI gak ada matinya deh! (sekali lagi, tidak maksud!). Tapi yang ngeselin dari dosen-dosen ini, mereka tuh kadang suka seenak diri mau masuk apa nggak ke kelas. Kadang beliau bisa dateng 1 jam terlambat, kadang udah nunggu berjam-jam bisa nggak dateng sama sekali. Terus kalo mindahin jadwal kuliah, suka seenak jidat lagi! Susah deh ya kalo dosen udah punya penghasilan lain yang lebih gede (gak kaya guru), jadi bagi mereka ngajar tuh hanya kegiatan nomor 2 yang gak penting.

THE LIFESTYLE
Gaya hidup mahasiwa ya emang berbeda banget yah. Kalo dulu sebagai pelajar kita biasanya pergi - pulang sekolah naik kendaraan umum atau naik mobil/motor, sekarang kuliah di Depok minimal harus ngekos, entah itu di Kutek, Barel, Kober, Pocin, Kukel, dan lain-lain yang nama-namanya tuh abstrak di kuping kalian, ataupun naik kereta, bis, atau bawa mobil sendiri. Terus kalo soal makan, gua yang hinggap di FE ada kaFE (kantin FE) yang enak dan view nya keren. Kalo bosen disini, lo bisa mampir kesebelah ke KanTek (Kantin Teknik), atau ngga nyeberang jembatan Teksas (Teknik Sastra) ke KanSas (Kantin Sastra). Demi Tuhan seluruh nama-nama disini semuanya disingkat! Bingung-bingung deh lo! Oh iya, kalo misalnya bosen dan nunggu jam kuliah berikutnya, gua biasa nangkring di kaFE sambil nikmatin es jelly strawberry yang jempolan banget rasanya, ataungga di gedung ESAC, tempat ngadem kayak lounge gitu ada TV dan majalah-majalah. Oh iya, satu hal yang parah banget, gua sebagai anak kuliah tuh sumpah hedon banget deh! Bukan maksudnya yang 94OL-94OL gitu yang nongkrong ngisep rokok atau mingle sana-sini sambil minum martini, bukan! Tapi, setiap abis pulang kuliah nih ya, SELALU deh gua sama gank pulang gue (cailah) yaitu Danniel Derandie dan Cindy Manila (kadang-kadang ada Dhanty dan Nissa), harus makan dulu diluar! Kadang di Kemang lah, di PIM, di Tebet, di sini di situlah, aduuuuuuuuuuuuh kempes deh kantong gua beneran! Gak sehat banget deh anak kuliahan kaya gini! Bukan mahasiswa banget deh kita ckckck.

THE FASHION
Cuma mau ngomentarin aja, menurut gue yah, mahasiswa tuh punya satu ciri khas khusus deh dalam soal berbusana. Kalo buat cowok, kemeja kotak-kotak kancing kebuka plus kaos di dalem itu IS A MUST deh! Rata-rata pasti gaya begituan terus yang lo liat! dan sekarang pun gua juga ikut-ikutan menanam gaya kaya gitu di diri gua ahahaha. Sekarang gua kalo beli baju maunya kemeja atauga polo shirt ahaha ketelen jaman banget deh. Kalo buat cewek, ya skinny jeans kayanya udah kudu wajib yah, gak bisa lepas dari situ. Kalo di lingkungan gua di FE, banyak gua liat orang-orangnya modis-modis, kadang-kadang LEBAY malah (biasanya yang tajir-tajir tuh). Ada juga beberapa orang-orang yang sangat cuek, yang kuliah cuma pake kaos oblong putih tipis yang biasa dipake buat daleman. Pokoknya suka-suka jidat ajadeh mau pake apaan. Kadang-kadang, jadi beban sosial sendiri kalo harus ganti-ganti dan milih-milih pakaian apa yang harus dipake besok supaya keliatan keren di mata mahasiswa lain hahahaha sedih kali yang seperti itu tuh. Tapi jujur yah, buat gue sendiri sebagai anak kuliahan, kita harus punya stock banyak kaos loh buat kuliah. Gak kaya SMA yang tiap hari ya bajunya itu-itu aja seragam hahaha.

OTHERS
Yaah selebihnya gitu-gitu ajasih dunia perkuliahan yang gue alami sejauh ini. Jujur sih gua udah mulai bisa beradaptasi dengan segala realita yang ada. Meskipun kadang-kadang, gua masih menyebut dosen itu 'guru', mata kuliah itu 'pelajaran', dan pulang kuliah itu 'pulang sekolah'. AHAHAHAHA, maklum deh ya. Namanya juga newbie! ya ngga gaaaaaan? (loh kok jadi ngaskus -___-)

3 comments:

pepito said...

toga, rata2 dosen di PTN ternama emang minimal s2 semua :) dan boediono itu lulusan UGM lo :) *tidak ada maksud apa2*.. :)

Samuel Toga said...

@pepito: hahaha iya memaang. cieeee lulusan UGM tohh dia haahha

akyu said...

nice post!